Cara Aktifkan Fitur Anti Ransomware di Windows 10


Cara Aktifkan Fitur Anti Ransomware di Windows 10 | Pada kesempatan kali ini saya akan membaha tentang cara menghidupkan layanan anti virus ransomware.
Cara Aktifkan Fitur Anti Ransomware di Windows 10

Virus ransomware adalah jenis virus yang menyerang data dan mengunci data tersebut sehingga pemiliknya tidak dapat membuka data tersebut. Virus ransomware sempat menggemparkan dunia beberapa waktu yang lalu. Bagaimana tidak, virus ransomware ini tidak hanya menyerang komputer milik pribadi, namun komputer-komputer yang digunakan di rumah sakit dan beberapa jenis perusahaan lainnya juga menjadi sasaran virus ransomware ini. Sasaran utama dari virus ini adalah para pengguna Microsoft Windows, karena jenis sistem operasi inilah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Menanggapi hal tersebut, pihak Microsoft langsung berupaya untuk menyiapkan penangkal ransomeware.

Pada sistem operasi Windows 10, pihak microsoft telah menyediakan suatu fitur yang berungsi untuk menangkal ransomeware atau jenis malware lainnya, fitur ini dinamakan dengan  Controlled folder access.

Jika Anda ingin data Anda dilindungi dari ransomeware, maka silahkan aktifkan fitur Controlled folder access, karena default fitur ini adalah off (harus diaktifkan dulu baru bisa berfungsi).


Cara Aktifkan Fitur Anti Ransomware di Windows 10

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengaktifkan fitur Controlled folder access di windows 10 :

  1. Pertama Anda harus masuk ke jendela Settings -> Update & security -> Windows Defender -> Open Windows Defender Security Center.
  2. Kemudian buka Windows Defender Security Center, klik tulisan Virus & threat protection.
  3. Scroll ke bawah dan geser opsi Controlled folder access menjadi ON.
  4. Lalu masukkan folder yang ingin Anda lindungi dengan menekan Protected folders. Add Protected folder untuk menambah folder yang ingin di proteksi.

Sekarang semua folder yang Anda lindungi tadi tidak akan ada malware yang bisa mengganngu, bahkan aplikasi bawaan sekaligus tidak bisa mengganggu data Anda tanpa izin dari admin. Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu Anda ingin mengubah data tersebut dengan aplikasi seperti winrar ? Anda harus mengizinkan aplikasi tertentu mengakses data Anda dengan cara klik Allow an app through controlled folder access, kemudian pilih Add an allowed app dan masukkan aplikasi ingin Anda beri akses untuk data-data Anda.


Itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur anti virus ramsomware dan malware di sistem operasi windows 10. Apabila ada yang kurang jelas silahkan Anda tanyakan dalam kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel-artikel menarik lainnya di blog malesngampus.net.

0 comments