Contoh Format Penulisan Berita Investigasi

Mie Kuning adalah salah satu jenis produk pangan yang terbuat dari tepung terigu. Mie kuning ini sudah sangat terkenal di Indonesia khususnya di Aceh. Bahkan salah satu makanan kuliner dari Aceh adalah Mie Aceh yang terbuat dari Mie Kuning yang biasanya di saji dengan daging sapi dan berbagai macam makanan laut.
Contoh Format Penulisan Berita Investigasi


Provinsi Aceh yang terkenal dengan 1001 warung kopinya selalu menjadi destinasi wisata para pecinta kopi. Tidak lengkap rasanya jika menikmati kopi aceh namun tidak mencicipi mie aceh dengan rasa khasnya, maka dari sebab itu seluruh warung kopi yang ada di Aceh menyediakan mie aceh. Hal itulah yang menjadikan usaha produksi mie kuning menjadi salah satu profesi yang menggiurkan di Aceh.

Roswati (40) Salah satu pedagang mie kuning mentah di pasar tradisional lama Matangglumpang Dua mengatakan bahwa perharinya ia memproduksi mie kuning sekira 40 kilogram dan menjualnya seharga Rp 7000 per kilogram-nya.

Di tengah larisnya mie kuning di kalangan masyarakat Aceh, ternyata ada beberapa pihak yang melakukan tindakan kotor dengan menambahkan zat formalin dan boraks pada adonan mie, mereka menambahkan zat kimia berbahaya tersebut agar dapat bersaing dengan produk mie lainnya.

Salah satu mantan pekerja pembuatan mie kuning di matang mengatakan kepada  saya alasan kenapa pembuat mie kuning menambahkan formalin kedalam adonan mie . Mereka menambahkan formalin di adonan mie tersebut supaya mie yang dihasilkan tidak mudah basi. Mereka juga menambahkan zat kimia boraks yang dapat membuat mie menjadi lebih kenyal dan tidak gampang putus. Untuk menarik perhatian calon pembeli, mereka menggunakan pewarna berbahaya agar mie menjadi lebih cerah.

Senin (17/04) sekiranya jam 09.00 WIB saya membeli sample mie kuning yang dijual di pasar tradisional lama Matangglumpang Dua dan menyimpannya selama 24 jam untuk menguji coba apakah Mie tersebut mudah basi atau tidak. Kemudian pada hari Selasa(18/04) sekiranya jam 09.30 saya ambil mie yang simpan tersebut dan hasilnya mie tersebut belum basi dan teksturnya masih sama seperti kemarin. Disitulah fungsi dari zat formalin, yaitu berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan membuat makanan menjadi awet. Hal ini sebenarnya dilaraang oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) karena dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Formalin pada dasarnya digunakan untuk mengawetkan jenazah, membersihkan lantai dan sejenisnya.

Dampak yang dapat terjadi apabila seseorang mengkonsumsi formalin bisa bermacam-macam, seperti perut mual, menyebabkan diare, sakit kepala, dan 
Mie yang mengandung zat formalin memang sangat sulit dibedakan dengan panca indera, namun masih ada beberapa cara yang dapat Anda perhatikan untuk membedakan mie yang mengandung formalin dengan mie yang tidak mengandung formalin.

Mie kuning yang mengandung formalin jika dicium dari jerak dekat akan tercium bau obat, bau obat ini tidak akan menghilang walaupun dibasuh dengan air hangat. Tekstur mie yang mengandung formalin lebih kenyal, menyerupai tekstur karet, jika ditarik tidak mudah putus. Mie yang mengandung formalin juga dapat bertahan disimpan dalam waktu 1-2 hari.

0 comments